Saturday, October 26, 2019

Ngomongin YouTube Ala Golilaunyu

gw udah melakukan beberapa voting ke beberapa temen-temen gw. voting tentang yang mana lebih mereka sukai antara membaca atau menonton. dan hasilnya adalah lebih banyak menonton. baik, akan gw perjelas lagi.

yang mana lebih kalian sukai? Membaca atau Menonton?. maksud dari pertanyaan gw gini, kita semua tau, sejak 2016, youtube menjadi sangat-sangat booming di indonesia. banyak orang berlomba-lomba membangun channel youtube dan membuat berbagai konten menarik. mulai dari vlog, gaming, tutorial, reaction, bahkan konten sampah (yaaa maksdunya konten yang isinya daur ulang sampah, hehe)

dan perlahan semenjak youtube booming, budaya membaca semakin berkurang. gak heran seperti kevin anggara, alit susanto, dan beberapa blogger lainnya udah jarang nulis di blog mereka. karena mereka melihat algoritma youtube dan visitor yang lebih banyak berada di platform sana. terutama adsense-nya juga lebih gede disana.

tapi yaaa gak separah itu sih masyarakat indonesia yang kurang minat bacanya. untungnya masih ada juga beberapa kaum millenial yang masih memiliki minat baca tinggi, apakah kamu salah satunya?

dari yang gw liat, kaum millenial yang memiliki minat baca yang tinggi sering menghabiskan waktu mereka untuk membaca di platform novel online, seperti wattpad, storial.co, dan ada juga yang gemar membaca walopun membaca komik. gapapa, itu udah bagus kok. dengan membaca otak kita lebih terasah, dan memainkan daya ingat dan juga imajinasi kita. jika kita membaca novel fantasy atau sejenisnya kita dituntut untuk bermain imajinasi, membayangkan setiap paragraf adegan yang kita baca. sumpaahh bagi gw itu seru banget. 

gw sendiri kalo boleh jujur jika dihadapkan dua pilihan diatas, jelas... gw milih menonton (laaaaahhhh?) yaaa emang faktanya begitu. gw bukan tipe kutu buku yang bisa baca semua jenis buku, bahkan buku filsafat sekalipun. gw gemar membaca tapi hanya novel dan beberapa buku pengetahuan yang menurut gw menarik untuk gw baca (udah lebih dari cukup keknya). dan yaaa selebihnya nonton.


gw user setia youtube sejak 2011an. gw selalu ngeliat berbagai konten  yang menarik di rana youtube indonesia. dan gw sendiri sempat memulai bangun channel youtube di tahun 2015 kalo ga salah. dan video pertama gw adalah gw lagi remix lagu edm pake software Virtual Dj dan kamera webcam, itupun laptop yang gw gunain bukan punya gw tapi punya om. 


di tahun 2016 gw menyaksikan sendiri gimana youtube menjadi sangat booming. banyak para youtuber baru bermunculan dengan konten mereka. bahkan artis yang udah terkenal di tv pun memulai channel youtube. gw heran aja gitu, tuh artis udah kaya, udah terkenal, yaaaa ngapain lagi bangun channel youtube? ngejar adsense?. haduuuhhh, tapi yaaa namanya juga platform bebas, siapa aja bisa berkarya disana. cuma, kasian sama mereka-mereka yang pengen berkarya disana eehhh malah ketutupan sama ketenaran tuh artis. shit!

gw tetap enjoy dengan konten-konten di youtube, tapi ga se-enjoy dulu. gw paling malas bet kalo udah buka youtube dan liat beranda youtube gw dipenuhi dengan konten clickbait. sumpah itu gw kesel banget gitu. kenapa kalian harus membuat judul dan thumbnail clikcbait parah? biar narik viewers? terus adsense jadi gede?. maksud gw yaudah gitu, dengan cara yang biasa-biasa aja bisa kan? buat judul dan thumbnail yang tepat gitu, jangan di nodai lahh platform ini dengan konten clickbait kalian gitu lhooo,,,

yaaa walaupun ga semua yang clickbait itu ga bagus, ada juga beberapa yang bagus, gakk.. gakk,.. gw ga bilang Atta Halilintar itu bagus versi gw. ngomongin atta halilintar, semenjak dia buat channel youtube dan sekarang sampe mendapatkan predikat king of youtube asia-pasific dengan hampir 20 juta subscribers, dan dari ratusan videonya, cuman satu yang gw tonton. itupun videonya yang grebek rumah Lucinta Luna, gw penasaran sama tuh manusia makanya gw tonton. selebihnya engga.

di youtube gw lebih prefer untuk liat konten para Youtuber Old-G. seperti Raditya Dika, Tara Arts, Chandraliow, Eno Bening, Koharo TV, Reza Arap, Crack n Egg, Ewing HD, pokoknya banyak deh tapi yaaa youtuber old-g. karena gw grow up di youtube itu dengan konten-konten mereka.

jadi,,, yaaaa itu balik lagi ke kaliannya gitu loh, mau ngeliat konten yang mana di youtube. karena gw percaya apa yang kalian tonton bisa merubah setidaknya sedikit dari lifestyle kalian. contohnya gw, karena gw grow up dengan konten para youtuber dan beberapa novel remaja dengan aksen jakarta, yaaahhh jadinya gw kalo di dunia maya ngikut ngomong ala ke-jakarta-an. 

nahhh itu dia, jadi gw balik nanya ke kalian. kalian lebih suka Membaca atau Menonton?

Share:

7 comments:

  1. Aku sih lebih suka membaca, tapi kalo ada waktu luang sedikit sih lebih milih nge-Youtube yg durasinya pendek, soalnya kan Youtube bisa dilihat lewat hp dan kemana-mana. Sementara aku kalau baca sukanya yang buku fisik dan tentunya ga bisa selalu kubawa kemanapun.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Rekomendasi donk bang,,, buku yang sering dan menarik yang pernah abang bacaa....

      Delete
  2. Sama lebih suka nonton. Tapi entah kenapa kalau pembahasannya tutorial lebih enak membaca. Mungkin karena suara YouTuber-nya kurang jelas atau bicaranya muter-muter, jadinya lebih enak membaca. Tapi kembali kebutuhan masing2 sih

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo aku justru kebalik, kalo mau liat tutorial lebih enakan nonton.... tapi yaaahhh gak semua tutorial, ada juga yang aku lebih suka ngebaca sihh...

      Delete
  3. Nonton youtube cuma cari tutorial, ceramah UAS dan Adi Hidayat, sama lagu sesekali saja. Selebihnya tidak pernah liat youtube

    ReplyDelete
    Replies
    1. pasti lebih banyak baca kan kak? hmm....hmmm.. kalo lagu aku mah lebih sering streaming via joox atau spotify,

      Delete
  4. Membaca si min nambah wawasan dan melatih literasi. Kunjungi juga min web saya www.fawaz.id

    ReplyDelete