Monday, July 23, 2018

OTAKU ITU....

Well,
Tau gak sih kalian apa yg dimaksud dengan kata "Otaku"?.
Ada yg familiar gak sama kata itu?.

Gak ada???
Haduuhh...

Oke gw jelasin aja ya,

Otaku(おたく/オタク)adalah istilah bahasa Jepang yang digunakan untuk menyebut orang yang betul-betul menekuni hobi dalam hal berbau Manga/LN/Anime.  (Gw copas dari Wikipedia,  hehe)

Jadi,  otaku sendiri memiliki arti yg positif dan negatif.  Tergantung bagaimana pandangan kalian ke seseorang yg disebut otaku tersebut.

Well,  dijepang sendiri kebanyakan otaku dipandang negatif tapi gak sedikit juga yg positif.

Kenapa dipandang negatif?
Sebab,  kebanyakan Otaku Jepang adalah seseorang yg sudah dewasa (kisaran umur 25-30 tahunan).  Namun gak sedikit juga yg masih remaja. Tapi,   mereka dianggap negatif karena kebanyakan dari mereka adalah seorang hikikomori.  Hikikomori sendiri adalah sebutan untuk seseorang yg penyendiri dan terus berada dikamarnya,  jarang keluar rumah untuk berinteraksi bahkan hampir setiap harinya waktu mereka dihabiskan buat nonton anime,  baca manga,  atau bahkan bermain game.

Namun seperti yg gw bilang,  ga semua otaku itu seorang hikikomori lho...

Dijepang sendiri para mangaka atau penulis Light Novel juga merupakan seorang Otaku,  namun mereka bisa membuang kata "negatif" Itu sendiri dengan cara mereka sendiri.

Gak cuma para mangaka atau penulis,  para otaku lainnya dijepang yg punya prinsip untuk tidak menjadi hikikomori punya cara lain juga,  seperti membuat game buatan mereka sendiri,  robotik atau hal-hal yg yaaa gak jauh dari kata anime sih.  Tapi mereka berkarya dan kayak bilang "ini lho,,  gw otaku tapi gw bisa berkarya dan gak hikikomori cuy" (Mungkin seperti itu)

Itulah sedikit tentang Otaku di Jepang yg gw ketahui.

Kalo di Indonesia???

Waaahhh,,,,  kalo di indo mah, menurut gw sih gak parah-parah amat yah, 
Cuma,  kalo udah terlampau berimajinasi yg ketinggian yaaaa parah banget gitu.
Ya gw aja gak gitu amat sih.
"Boleh berimajinasi bersama waifu selama masih dibatas wajar"

Nah lho!!  Waifu itu apaan?
Gw jelasin lagi ya...
Waifu sendiri merupakan pelesetan dari bahasa Inggris "Wife" Yg artinya adalah istri,  jadi waifu Sendiri merupakan sebutan untuk suatu karakter Cewek dalam serial Anime/Manga yg menjadi favorit kita banget.

Ada juga sebutan Husbu yg merupakan pelesetan dari bahasa Inggris "Husband".

Kalo di Indonesia sendiri, para otaku  lebih memilih membuat seperti suatu komunitas/club/organisasi sendiri. Tujuannya untuk agar saat ada event jejepangan mereka bisa meramaikan dan lebih seru ngejalanin event itu, yaaa pastinya mereka memiliki berbagai tujuan masing-masing.

But,  One fact u must now
Hampir 70% Real Otaku di Indonesia pinter menggambar Manga lho.
Dan bahkan beberapa diantaranya adalah mangaka.  Yaaa walaupun kebanyakan seorang Mangaka yg debut di website Komik Online (kayak webtoon, Ciayo, dsb.) dan ada juga yg posting di Instagram pribadi mereka.

Bukan hanya itu,  Otaku di Indonesia hampir 50% juga merupakan seorang Cosplayer. 

Apa itu cosplayer?
Serius kalian gak tau?
Haduhh,. Nih ya..  Cosplayer sendiri adalah sebutan seseorang yg sedang berpura-pura menjadi suatu karakter dengan pendukungnya adalah kostum juga tools tambahan.

Nah itu dia kalo Otaku di Indonesia.

Itulah setidaknya yg gw tau.

Nah kalo gw Otaku yg gimana?

Ya udah pasti jelas lah gw otaku Indonesia,  masa gitu aja gatau.

But sure,  I'm an Otaku and I proud if it.


Share:

0 komentar:

Post a Comment